Wednesday, March 10, 2010

Analisa Search Engine pada Google dan Yahoo.


Google seakan menjadi tujuan utama pada saat seseorang ingin mencari sesuatu bahkan segalanya. Ya, karena google merupakan satu-satunya search engine yang paling populer dan terhebat.

UNTUK SEGI TAMPILAN
Tampilan google dari tahun 1998(awal)-2009(sekarang)!!!


TAHUN 1998
Pada awal kemunculannya, google juga menggunakan tanda "!" (seru) dibelakangnya seperti pesaingnya Yahoo!. selain itu google juga menampilkan jumlah halaman yang terindex ("Index contains ~ 25 million pages (soon to be bigger)”) di bagian bawah kotak pencarian.




TAHUN 1999
Setahun kemudian google tampil sangat beda, dimana terdapat beberapa link di bawah kotak pencarian dan perbedaan yang paling menonjol adalah adanya tulisan BETA di pojok kanan bawah logo google.


TAHUN 2000
Pada tahun 2000 tanda seru yang digunakan pada logo tahun sebelumnya sudah dihilangkan, tambahan fitur pemilihan bahasa untuk pencarian. Bagian bawahnya juga lebih halus dimana link link di tahun sebelumnya dihilangkan. Terdapat juga Option About Google dan Jobs@google pada pojok kanan atas halaman google dan hanya ada di tahun 2000.


TAHUN 2001
Di atas kotak pencarian terdapat informasi lebih dari 1 miliar website yang terindex, terdapat juga pencarian pada web directory dan google groups. Tahun 2001 merupakan tahun diserangnya menara WTC oleh teroris, untuk itu google menyediakan link untuk berbelasungkawa dan link untuk berita dan informasi tentang serangan 9-11.


TAHUN 2002
Tampilan google terasa lebih kalem, terdapat beberapa TAB di atas kotak pencari yang digunakan untuk menyesuaikan pencarian berdasarkan web, gambar, dll. Google juga menambahkan link ke AdWords yaitu salah satu program pemasangan iklan dari google.


TAHUN 2003
Hanya ada sedikit perubahan pada 2003 dimana ada tambahan TAB "NEWS" di atas kotak pencarian. Sampai 2003 sudah lebih dari 3Miliar Halaman Web yang sudah terindex oleh google.


TAHUN 2004
Tab pada bagian atas kotak pencarian yang berupa kotak pada tahun 2004 berubah menjadi Link dan paling kanan terdapat Link "More". Pada tahun ini kita juga sudah bisa melihat rilis dari Picasa.


TAHUN 2005
Terdapat tambahan Tab Local untuk melakukan universal search dan perubahan yang lain adalah tampilan font yang lebih tebal dari tahun sebelumnya.


PADA TAHUN 2009
Tidak ada banyak perubahan tampilan tetapi tentunya terdapat banyak penyempurnaan dari mesin pencari ini sampai dengan saat ini. Dan mari kita lihat dan nikmati inovasi inovasi terbaru dari mesin pencari kesayangan kita ini yang tentunya berguna untuk kemajuan dunia ini.



SISI HASIL (INFO/WAKTU)

Google adalah bereksperimen dengan sebuah antarmuka pencarian Web baru yang memungkinkan orang untuk mempengaruhi hasil yang mereka dapatkan dengan menunjukkan apakah atau tidak mereka seperti hasil tertentu.

Menurut sebuah halaman petunjuk untuk fitur tes di Google Experimental Labs mengklik pada ikon panah biru di sebelah kanan hasilnya akan memindahkan item ke bagian atas halaman. Mengklik tanda bintang oranye akan menandai hasil sehingga Anda dapat dengan mudah melihatnya di daftar. Dan mengklik biru "X" ikon akan menghapus hasil dan tetap tersembunyi ketika Anda menggunakan kata kunci yang sama di masa depan.

Anda juga dapat menyarankan lebih baik halaman Web untuk pencarian tertentu. Di bagian bawah hasil yang Anda dapat memberikan URL untuk halaman yang relevan dengan pencarian kata kunci tertentu dan akan muncul di bagian atas dengan tanda bintang jeruk waktu berikutnya Anda menjalankan pencarian itu.

Seorang perwakilan Google mengatakan tes yang tersedia untuk sejumlah orang. "Kami terus menguji antarmuka baru dan fitur-fitur untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Ini adalah salah satu ujian, yang dijalankan di Google Eksperimental. Ini bukan hidup untuk semua pengguna Google.com," tulisnya dalam e-mail.

Biasanya, dengan Google Experimental Labs Anda pergi ke situs tersebut dan memilih pencarian yang eksperimen untuk mencoba dan Anda harus log in ke account Google Anda untuk melihat perubahan tercermin dalam pencarian Anda.

Interface lain percobaan Anda dapat sign up untuk menggunakan di Google Experimental Labs termasuk kronologi dan peta hasil pandangan, saran dan kata kunci pintas keyboard.


SISI SEARCH RESULT GOOGLE






FITUR PADA GOOGLE
Ikhtisar



Google Desktop membuat pencarian di komputer Anda semudah mencari di Web menggunakan Google. Google Desktop adalah aplikasi pencarian desktop yang menyediakan pencarian teks lengkap di email, file, musik, foto, chatting, Gmail, halaman Web yang telah dilihat, dan banyak lagi. Dengan membuat komputer dapat dicari, Desktop akan memudahkan jangkauan ke informasi dan membebaskan Anda dari keharusan untuk mengatur file, email, dan bookmark secara manual.

Google Desktop tidak hanya membantu mencari di komputer, namun juga membantu mengumpulkan informasi baru dari Web dan menjaga keteraturan melalui gadget dan sidebar. Google Gadget dapat diletakkan di manapun pada desktop untuk menampilkan email baru, info cuaca, foto, berita khusus, dan banyak lagi. Sidebar adalah panel vertikal di desktop yang akan membantu menjaga gadget agar tetap teratur.

Mencari di Komputer Anda

Hasil Bermanfaat

Bila Anda melakukan pencarian di Desktop, Anda akan membuka halaman yang menampilkan hasil pencarian yang paling relevan serta berisi nama file dan potongan singkat dengan kata pencarian disorot. Anda dapat menyaring jenis item tertentu, misalnya hanya file, menggunakan link di bagian atas halaman. Kini Anda juga dapat melihat pratinjau hasil pencarian Desktop tepat di browser (tidak perlu menunggu semua aplikasi terbuka hanya untuk memastikan Anda telah menemukan file yang dicari).

Pengindeksan Pintar

Setelah diinstal, Google Desktop mulai mengindeks email, file, dan riwayat Web yang tersimpan di komputer. Satu kali pengindeksan ini hanya terjadi bila komputer dalam status siaga selama lebih dari 30 detik, sehingga tidak akan memperlambat performa komputer, namun tergantung pada jumlah item, proses ini dapat berlangsung selama beberapa jam secara keseluruhan. Desktop juga akan memastikan indeks tetap terbaru dengan menambahkan email baru saat diterima, file saat diperbarui, dan halaman Web saat dilihat.

Mencari File yang Dihapus

Google Desktop akan membuat salinan file dan item lainnya dalam cache (snapshot) setiap kali Anda melihatnya, kemudian menyimpan salinan tersebut dalam hard drive komputer. Dengan demikian, Anda dapat sering menggunakan Desktop untuk mencari item yang terhapus tanpa disengaja, daripada harus membuatnya kembali dari awal.


Formulir Pencarian Lanjutan

Mengklik "Pencarian Lanjutan" di sebelah kotak pencarian di situs Desktop akan menampilkan formulir pencarian lanjutan. Anda dapat dengan mudah menetapkan jenis pencarian yang ingin dilakukan tanpa harus mengingat operator pencarian secara khusus. Anda juga dapat membatasi jangka waktu hasil yang akan ditampilkan.

Disempurnakan! Kotak Pencarian Cepat

Kotak Pencarian Cepat adalah cara tercepat untuk melakukan pencarian di Web dan desktop. Ketik beberapa huruf atau kata pada kotak pencarian, maka hasil teratas akan segera muncul di layar. Anda dapat menampilkan Kotak Pencarian Cepat dengan menekan tombol Ctrl 2 kali, dan menyembunyikannya dengan menekan kembali tombol Ctrl 2 kali. Cukup ketik beberapa huruf atau kata pada kotak pencarian, maka hasil teratas akan segera muncul di layar. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengaktifkan aplikasi tanpa harus menelusuri menu Start; misalnya, Anda dapat mengaktifkan Microsoft Word dengan mengetik "wor" pada Kotak Pencarian Cepat, lalu memilih "Microsoft Word" dalam daftar hasil yang ditampilkan. Atau, cukup ketik kata pencarian, kemudian tekan "Enter" untuk mencari di Web.






YAHOO! Juga punya keunggulan yang tidak dimiliki Google yaitu YAHOO! Messenger. YM! Tidak hanya dapat digunakan untuk sesama pemilik alamat e-mail dari YAHOO! Tapi hampir semua alamat e-mail dapat bergabung ke YM! Yang dapat dipakai berkomunikasi melalui chat, SMS, kamera, dan suara. YAHOO! Juga akan merilis layanan terpadu yang disebut dengan oneConnect. Maka, pemakai YAHOO! Dapat memperoleh informasi perkiraan cuaca di kotanya, tergabung ke layanan jejaring sosial seperti Flickr atau facebook, atau menunjukkan keberadaannya kepada teman-temannya di seluruh dunia. Bahkan sekarang di pegunungan Himalaya akan segera dipasang menara pemancar seluler, yang berarti para pendaki dapat memanfaatkan ponselnya untuk berkomunikasi, termasuk menunjukkan keberadaan dirinya. Dan keselamatan akan semakin terjamin.

Nah, menilik berbagai kemajuan dua perusahaan saja yaitu Google dan YAHOO!, komunikasi dan informasi semakin mudah tersedia, akurat, dengan biaya yang semakin mendekati nol. Kalau kita mau belajar dari mereka, mestinya masih banyak informasi yang bisa digali di tanah air, misalnya daftar sekolah, kampus, di masing-masing kota, tempat-tempat wisata, maupun berbagai catatan sejarah di masa lalu tanpa batasan waktu.

Sudah lihat tampilan baru Yahoo! versi hari ini? Ada tawaran untuk menggunakan tampilan Yahoo! terbaru, coba deh tengok, apa yang sekiranya menarik disana?


Sekilas, bagian samping kiri mengingatkan kita pada Dasbor di Wordpress, semua fitur seperti ditarik di bagian ini. Ini hanya semacam shortcut untuk menyebut beberapa fitur yang diaplikasikan oleh Yahoo!. Dan untuk melihat isi dari masing-masing fitur, cukup dengan mendekatkan tetikus, seketika pula muncul jendela bantu untuk melihat lebih dalam.

Uniknya, tak semua fitur adalah keluarga dari Yahoo!, seperti Messenger, Flickr, Mybloglog maupun Yahoo! Mail. Namun ada sisipan dari penyedia pihak ketiga yang kini menjadi santapan setiap hari para netter di Indonesia, Facebook!

Menarik untuk melihat bagian ini, terutama bila dibanding dengan tampilan yang kita dapat saat mengaksesnya langsung di Facebook. Bila diamati, edittag menemukan perbedaan yang kentara, yakni dimunculkannya beberapa status teman-teman yang berada dalam wilayah Teman, tanpa bisa menyortirnya. Bila di facebook, kita bisa memilih-milah teman mana saja yang bisa kita ikuti status terbarunya, maka untuk pemasangan di Yahoo! baru ini, semua menjadi begitu terbuka.

Kelebihan? mungkin saja, karena untuk beberapa alasan, memang kita bisa melihat status teman yang jarang kita dapatkan dalam akun facebook secara langsung. Lalu tampilan yang juga menarik dicermati adalah, diijinkannya beberapa tambahan dari fitur yang tersedia di Yahoo! baru.

Misalnya adalah penambahan layanan Blogger. Meski saat penambahan fitur manual ini edittag berharap bisa menemukan jendela mini untuk bisa langsung posting ke blogger, toh nyatanya hanya memunculkan beberapa feed dari informasi seputar Blogger. Hal yang mana sangat berlawan dengan saingan Yahoo!, siapa lagi bila bukan Google.

Google malah berencana mengadopsi fungsi email, chat dan BLOG dalam nama Google Wave. Meski memang layanan ini belum bisa langsung dinikmati saat ini, paling tidak mulai 30 September 2009, layanan tersebut akan ditawarkan kepada 100.000 pengguna awal.



Fitur utama Yahoo! Toolbar:
Menu : klik di sebelah kanan untuk melihat menu berbagai situs Yahoo! yang populer.
Kotak pencarian : ketik kata kunci untuk mencari dan menerima saran pencarian. Info lebih lanjut.
Aplikasi Saya: daftar buatan tombol sekali klik untuk menavigasi ke halaman web favorit. Bila Anda klik , daftar ini membuka dan menutup. Tombol Pengaturan selalu terlihat, dan menampilkan kontennya sebagai daftar pull-down, bukan dengan cara geser buka-tutup. Jika jumlah aplikasi Anda banyak dan tak dapat ditampilkan semuanya secara horizontal, akan ada tombol di samping kanan Aplikasi Saya. Klik tombol itu untuk melihat aplikasi Anda yang lain. Info lebih lanjut.
Tombol pengaturan : klik untuk sign in, menambah dan menata aplikasi, mengubah preferensi, mengakses bantuan, memberikan masukan kepada kami, atau me-refresh toolbar.




Baiklah ini adalah perbandingan bagus mana google dibanding yahoo?
Sekilas tentang 2 perusahaan ini :

1. Google
Google adalah sebuah mesin pencari yang terkenal di dunia. Siapa yang tidak tahu google? Google berdiri tahun 1998 (resminya). Google bermarkas di Amerika Serikat. Google tidak hanya mesin pencari, tapi punya produk lain seperti email (gmail), messenger (Gtalk), buku (google ebook), iklan (adsense dan adword), photo (picasa), situs pertemanan (orkut), peta (maps), dll. Pendapatan google sekitar 90% dari iklan. Yang 10% dari penjualan google earth, google apps, gmail (premium), dll.

2. Yahoo
Yahoo adalah perusahaan portal web yang terkenal. Dulu yahoo hanya perusahaan bookmark tapi sekarang sudah jadi lebih banyak. Yahoo juga memiliki search engine seperti google. Produk yahoo yang lain adalah mail (yahoo mail), foto (flickr), search, messenger (Y!M), games, 360′, answers, finance, dll.

Tadi adalah sekilas tentang kedua perusahaan. Sekarang perbandingan keduanya adalah :
1. Search engine : lebih baik google. Karena lebih cepat dan meta katanya lebih lengkap. Sehingga kalau kita salah ketik masih bisa ketemu.
2. Mail : lebih bagus yahoo. Karena kotak masuknya unlimited alias tidak terbatas sehingga berapapun email yang masuk tidak akan terhapus.
3. Messenger : lebih baik yahoo. Kalau di indonesia mungkin jika 100 orang menggunakan messenger maka 85 orang menggunakan yahoo.
4. Popularitas : lebih bagus google. Fiturnya lengkap dan paling populer adalah google search.
5. Kualitas : lebih bagus google. Karena halamannya simple dan bandwithnya kecil. Mungkin google search perlu waktu 1 detik mencari kalau yahoo 1,5 detik.
6. Fitur : lebih banyak yahoo! Di yahoo yang disenangi adalah yahoo answers yang tidak dimiliki google. Ada juga yahoo avatar dan masih banyak lagi.

Umum : secara umum menurut saya lebih bagus google. Karena lebih cepat dan tidak terlalu banyak iklan. Kalau yahoo banyak iklan yang ada gambarnya. Di yahoo mail juga ada berita yang menurutku tidak perlu.


Kritik dan Saran untuk Google dan Yahoo

Weakness (Kelemahan)
- Kecepatan index dan kecepatan berkembangnya web yang tak sebanding. Saat ini berbagai website banyak bermunculan, jika kecepatan index search engine tidak ditingkatkan maka tak mungkin search engine bisa mengindex semuanya.
- Kadangkala search engine tidak menampilkan hasil yang diinginkan. Search engine selalu berusaha menampillkan hasil yang relevan. Tetapi kadang kala tetap memperlihatkan hasil yang tidak relevan.
- Munculnya orang-orang yang melakukan link-spamming. Yaitu melakukan spamming link untuk meningkatkan posisi mereka di search engine.
- Tidak bisa mengindeks halaman tertentu. Beberapa website yang memakai konten dinamis tidak bisa diindex. Biasanya website seperti ini dihalangi oleh form yang mengharuskan inputan.



Filosofi Google

Diposting oleh : adminkom
Kategori: Internet - Dibaca: 223 kali

Mau tahu asal usul nama Google? Nama Google menggunakan dua huruf "o". Uniknya jika data hasil pencarian ditemukan, maka jumlah huruf "o" akan muncul semakin banyak, sebanyak web yang didapat oleh mesin pencari. Nama "Google" sendiri berasal dari plesetan kata "googol" yang dipakai oleh Milton Sirotta, keponakan ahli matematika Edward Kasner (USA) untuk menyebutkan angka 1 dan mempunyai 100 angka nol di belakangnya. Perusahaan Google memakai kata ini untuk menjelaskan misi perusahaan dalam mengorganisasi sekian banyak informasi yang tersedia di internet dan dunia.

"Googol" merupakan kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang sangat besar jumlahnya. Bilangan yang melebihi bilangan miliar atau triliun. Dan di alam semesta ini tak ada benda yang berjumlah hingga googol-an. Tidak itu bintang, tidak itu partikel debu, dan tidak pula atom. Oleh karena itu penggunaan kata "google" merupakan refleksi dari kata "googol". Dengan kata tersebut Google berusaha merefleksikan dirinya sebagai perusahaan yang memiliki misi mengelola sesuatu yang sangat luas dan tidak terbatas. Dan itu hanya terdapat pada dunia cyber, tempat informasi melimpah tanpa batas. Google adalah raja mesin pencari. Ia kini melayani ratusan juta pencarian dalam sehari. Tak heran bila kini kata "Google" menjadi kata kerja di banyak bahasa di dunia.

Google adalah fenomena luar biasa dalam dunia bisnis internet. Meskipun servis yang diberikannya sebagai mesin pencarinya disediakan secara cuma-cuma, penghasilan Google dari iklan sangat mencengangkan. Di usianya yang baru 8 tahun perusahaan ini mempunyai dana tunai sebanyak 8 miliar dolar, dan kapitalisasi pasarnya mencapai lebih dari 100 miliar dolar. Boleh dikatakan Google lebih kaya dari kebanyakan negara-negara kecil.

DESAIN PADA GOOGLE
Design logo Google ini merupakan pernyataan bahwa Google senang membuat segala sesuatunya sederhana dan mudah. Setiap orang hampir sudah pasti mengenal logo Google yang sederhana, minimalis, dinamis dan modern. Tetapi sangat sedikit yang mengenal siapa yang mendesign logo tersebut dan bagaimana proses kreatif yang terjadi dibalik design logo search engine nomor satu dijagad internet.
Kebanyakan orang menyangka bahwa para pendiri Google sendirilah yang mendesign logo perusahaannya, dugaan mendesign logo sendiri ini sudah barang tentu salah. Sergei Brin adalah seorang ahli matematika yang sejak awal tertarik pada data mining sedangkan Larry Page adalah rekan sesama mahasiswa S3 yang ahli komputer. Pada awal pertemuan mereka selalu terlibat dalam permusuhan sengit (menurut rekan-rekan mereka) dalam perumusan data mining melalui hubungan link antar halaman web, mereka berdua selalu melihat ketidaksempurnaan dalam perumusan yang dibuat oleh rekan mereka, sampai suatu ketika mereka berdua memutuskan memindahkan penelitian kesebuah garasi pinjaman dari seorang saudara Sergei Brin dan akhirnya menjadi search engine nomor satu.

Logo google ini dibuat pada saat-saat akhir sebelum peluncuran oleh sahabat mereka, asisten profesor seni pada Standford University, Ruth Kedar. Sang desainer logo Google, Ruth lahir di Brazil tapi kemudian pindah ke Israel untuk mendapatkan gelar arsitekturnya. Dia melanjutkan pendidikannya di Stanford University dan mendapatkan gelar Master di bidang desain, dan menjadi konsultan seni desain di Stanford selama 15 tahun. Hasil-hasil karyanya dapat di lihat di art.net
habat mereka untuk urusan bisnis.
Proses design logo ini dimulai dengan sebuah visi yang sederhana dari para pendirinya yaitu bahwa mereka ingin membuat sebuah logo yang menyenangkan tanpa adanya sebuah item, barang, benda apapun yang dapat dikenali atau diidentifikasi yang pada akhirnya akan membatasi Google itu sendiri. Pada awalnya mereka juga tidak memiliki visi mengenai kemana perusahaan mereka akan dibawa bahkan mereka memasukkan tagline “Google does not do horoscopes, financial advice or chat”, yang pada akhirnya tidak pernah muncul sama sekali.

Proses Logo Google

Ruth Kedar, desainer grafis yang mengembangkan logo yang kini sangat terkenal, menunjukkan bagaimana proses kreasi logo dan memperlihatkan jenis huruf yang mendefinisikan merek Google. Kedar bertemu pendiri Google Sergey Brin dan Larry Page melalui teman sembilan tahun yang lalu di Stanford University, di mana dia adalah seorang asisten profesor. Page dan Brin, yang sedang mengalami kesulitan dalam membuat logo untuk mesin pencari yang akan segera mereka luncurkan. "Aku tidak tahu pada waktu itu bahwa Google akan menjadi sangat terkenal seperti hari ini, atau bahwa kesuksesan mereka akan menjadi besar seperti itu," kata Kedar.

Pada versi pertama ini, Kedar ingin menjaga mayoritas teks tidak terlalu banyak disentuh sehingga masih utuh, hanya menambahkan beberapa sentuhan dengan membawa warna-warna primer dan dua-dimensi ke kedua huruf O. Menurut Kedar, "Brin dan Page menyukai ini karena terlihat agak mirip jebakan jari Cina."


GOOGLE NO. 2
TYPEFACE: CATULL
Alih-alih bermain-main pada desain dua huruf O, Kedar menciptakan sesuatu yang lebih besar dalam hal ruang dan pola, Kedar hanya mengubah satu huruf O untuk membuatnya multidimensi.

GOOGLE NO. 3
TYPEFACE: ITC LEAWOOD
"Saya melihat logo ini dan berpikir, 'Google telah pergi ke Olimpiade,'" kata Kedar sambil tertawa. Cincin yang saling terkait adalah metafora untuk pencarian luas yang melibatkan berbagai budaya dan negara yang berbeda.


GOOGLE NO. 4
TYPEFACE: CATULL
Pada tahap design ini semua huruf dibuat huruf besar untuk memberikan kesan kokoh dan profesional dengan mengubah besar huruf dan warna. Kesalahan terbesar dari design logo ini adalah logo terlihat terlalu sibuk dan ramai.


GOOGLE NO. 5
TYPEFACE: CATULL
Ini adalah hasil design lanjutan dari desain sebelumnya, Kedar menghilangkan garis salib dan kemampuan untuk melihat melalui kaca pembesar. Dia menambahkan mulut tersenyum, untuk mewakili rasa "bahagia" ketika menemukan hasil dan pengalaman pencarian yang positif. 


GOOGLE NO. 6
TYPEFACE: ITC LEAWOOD
Rancangan ini dekat dengan konsep asli Brin, tetapi dengan menggunakan font Leawood, dan memiliki bayangan. 


GOOGLE NO. 7
TYPEFACE: CATULL
"Di sinilah kita mulai menyederhanakan," Kedar menjelaskan. Dengan bermain dengan sudut dan warna dari huruf-huruf, dia mencoba untuk menjelaskan bahwa Google bukanlah perusahaan yang terkotak-kotak.


FINAL DESIGN
TYPEFACE: CATULL
Pada akhirnya design logo ini yang dipilih karena berhasil menyatakan banyak hal, al:

* Sederhana dan menyenangkan. Design logo ini begitu lembut dan sederhana sehingga tampak bahwa logo ini tidak didesign sama sekali dan membacanyapun hampir tidak perlu bersusah payah. Warna yang kanak-kanak menandakan kemudahan dan keberuntungan disetiap pencarian search eninge.
* Typography, jenis font yang dipakai adalah Catull, karena font ini menyatukan elemen tradisional dengan serif tetapi juga memiliki elemen modern dalam lengkungannya. Hal ini sesuai dengan prinsip pencarian oleh search engine dimana untuk mencari diperlukan kemampuan untuk melihat pada masa lalu.

"Ada banyak warna yang berbeda iterasi," kata Kedar. "Kami berakhir dengan warna utama, kami menaruh warna sekunder pada L, yang membawa kembali gagasan bahwa Google tidak mengikuti aturan."


DAFTAR PUSTAKA 
http://menulissenja.blogspot.com/2010/01/sejarah-logo-google.html

No comments:

Post a Comment

Wednesday, March 10, 2010

Analisa Search Engine pada Google dan Yahoo.


Google seakan menjadi tujuan utama pada saat seseorang ingin mencari sesuatu bahkan segalanya. Ya, karena google merupakan satu-satunya search engine yang paling populer dan terhebat.

UNTUK SEGI TAMPILAN
Tampilan google dari tahun 1998(awal)-2009(sekarang)!!!


TAHUN 1998
Pada awal kemunculannya, google juga menggunakan tanda "!" (seru) dibelakangnya seperti pesaingnya Yahoo!. selain itu google juga menampilkan jumlah halaman yang terindex ("Index contains ~ 25 million pages (soon to be bigger)”) di bagian bawah kotak pencarian.




TAHUN 1999
Setahun kemudian google tampil sangat beda, dimana terdapat beberapa link di bawah kotak pencarian dan perbedaan yang paling menonjol adalah adanya tulisan BETA di pojok kanan bawah logo google.


TAHUN 2000
Pada tahun 2000 tanda seru yang digunakan pada logo tahun sebelumnya sudah dihilangkan, tambahan fitur pemilihan bahasa untuk pencarian. Bagian bawahnya juga lebih halus dimana link link di tahun sebelumnya dihilangkan. Terdapat juga Option About Google dan Jobs@google pada pojok kanan atas halaman google dan hanya ada di tahun 2000.


TAHUN 2001
Di atas kotak pencarian terdapat informasi lebih dari 1 miliar website yang terindex, terdapat juga pencarian pada web directory dan google groups. Tahun 2001 merupakan tahun diserangnya menara WTC oleh teroris, untuk itu google menyediakan link untuk berbelasungkawa dan link untuk berita dan informasi tentang serangan 9-11.


TAHUN 2002
Tampilan google terasa lebih kalem, terdapat beberapa TAB di atas kotak pencari yang digunakan untuk menyesuaikan pencarian berdasarkan web, gambar, dll. Google juga menambahkan link ke AdWords yaitu salah satu program pemasangan iklan dari google.


TAHUN 2003
Hanya ada sedikit perubahan pada 2003 dimana ada tambahan TAB "NEWS" di atas kotak pencarian. Sampai 2003 sudah lebih dari 3Miliar Halaman Web yang sudah terindex oleh google.


TAHUN 2004
Tab pada bagian atas kotak pencarian yang berupa kotak pada tahun 2004 berubah menjadi Link dan paling kanan terdapat Link "More". Pada tahun ini kita juga sudah bisa melihat rilis dari Picasa.


TAHUN 2005
Terdapat tambahan Tab Local untuk melakukan universal search dan perubahan yang lain adalah tampilan font yang lebih tebal dari tahun sebelumnya.


PADA TAHUN 2009
Tidak ada banyak perubahan tampilan tetapi tentunya terdapat banyak penyempurnaan dari mesin pencari ini sampai dengan saat ini. Dan mari kita lihat dan nikmati inovasi inovasi terbaru dari mesin pencari kesayangan kita ini yang tentunya berguna untuk kemajuan dunia ini.



SISI HASIL (INFO/WAKTU)

Google adalah bereksperimen dengan sebuah antarmuka pencarian Web baru yang memungkinkan orang untuk mempengaruhi hasil yang mereka dapatkan dengan menunjukkan apakah atau tidak mereka seperti hasil tertentu.

Menurut sebuah halaman petunjuk untuk fitur tes di Google Experimental Labs mengklik pada ikon panah biru di sebelah kanan hasilnya akan memindahkan item ke bagian atas halaman. Mengklik tanda bintang oranye akan menandai hasil sehingga Anda dapat dengan mudah melihatnya di daftar. Dan mengklik biru "X" ikon akan menghapus hasil dan tetap tersembunyi ketika Anda menggunakan kata kunci yang sama di masa depan.

Anda juga dapat menyarankan lebih baik halaman Web untuk pencarian tertentu. Di bagian bawah hasil yang Anda dapat memberikan URL untuk halaman yang relevan dengan pencarian kata kunci tertentu dan akan muncul di bagian atas dengan tanda bintang jeruk waktu berikutnya Anda menjalankan pencarian itu.

Seorang perwakilan Google mengatakan tes yang tersedia untuk sejumlah orang. "Kami terus menguji antarmuka baru dan fitur-fitur untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan. Ini adalah salah satu ujian, yang dijalankan di Google Eksperimental. Ini bukan hidup untuk semua pengguna Google.com," tulisnya dalam e-mail.

Biasanya, dengan Google Experimental Labs Anda pergi ke situs tersebut dan memilih pencarian yang eksperimen untuk mencoba dan Anda harus log in ke account Google Anda untuk melihat perubahan tercermin dalam pencarian Anda.

Interface lain percobaan Anda dapat sign up untuk menggunakan di Google Experimental Labs termasuk kronologi dan peta hasil pandangan, saran dan kata kunci pintas keyboard.


SISI SEARCH RESULT GOOGLE






FITUR PADA GOOGLE
Ikhtisar



Google Desktop membuat pencarian di komputer Anda semudah mencari di Web menggunakan Google. Google Desktop adalah aplikasi pencarian desktop yang menyediakan pencarian teks lengkap di email, file, musik, foto, chatting, Gmail, halaman Web yang telah dilihat, dan banyak lagi. Dengan membuat komputer dapat dicari, Desktop akan memudahkan jangkauan ke informasi dan membebaskan Anda dari keharusan untuk mengatur file, email, dan bookmark secara manual.

Google Desktop tidak hanya membantu mencari di komputer, namun juga membantu mengumpulkan informasi baru dari Web dan menjaga keteraturan melalui gadget dan sidebar. Google Gadget dapat diletakkan di manapun pada desktop untuk menampilkan email baru, info cuaca, foto, berita khusus, dan banyak lagi. Sidebar adalah panel vertikal di desktop yang akan membantu menjaga gadget agar tetap teratur.

Mencari di Komputer Anda

Hasil Bermanfaat

Bila Anda melakukan pencarian di Desktop, Anda akan membuka halaman yang menampilkan hasil pencarian yang paling relevan serta berisi nama file dan potongan singkat dengan kata pencarian disorot. Anda dapat menyaring jenis item tertentu, misalnya hanya file, menggunakan link di bagian atas halaman. Kini Anda juga dapat melihat pratinjau hasil pencarian Desktop tepat di browser (tidak perlu menunggu semua aplikasi terbuka hanya untuk memastikan Anda telah menemukan file yang dicari).

Pengindeksan Pintar

Setelah diinstal, Google Desktop mulai mengindeks email, file, dan riwayat Web yang tersimpan di komputer. Satu kali pengindeksan ini hanya terjadi bila komputer dalam status siaga selama lebih dari 30 detik, sehingga tidak akan memperlambat performa komputer, namun tergantung pada jumlah item, proses ini dapat berlangsung selama beberapa jam secara keseluruhan. Desktop juga akan memastikan indeks tetap terbaru dengan menambahkan email baru saat diterima, file saat diperbarui, dan halaman Web saat dilihat.

Mencari File yang Dihapus

Google Desktop akan membuat salinan file dan item lainnya dalam cache (snapshot) setiap kali Anda melihatnya, kemudian menyimpan salinan tersebut dalam hard drive komputer. Dengan demikian, Anda dapat sering menggunakan Desktop untuk mencari item yang terhapus tanpa disengaja, daripada harus membuatnya kembali dari awal.


Formulir Pencarian Lanjutan

Mengklik "Pencarian Lanjutan" di sebelah kotak pencarian di situs Desktop akan menampilkan formulir pencarian lanjutan. Anda dapat dengan mudah menetapkan jenis pencarian yang ingin dilakukan tanpa harus mengingat operator pencarian secara khusus. Anda juga dapat membatasi jangka waktu hasil yang akan ditampilkan.

Disempurnakan! Kotak Pencarian Cepat

Kotak Pencarian Cepat adalah cara tercepat untuk melakukan pencarian di Web dan desktop. Ketik beberapa huruf atau kata pada kotak pencarian, maka hasil teratas akan segera muncul di layar. Anda dapat menampilkan Kotak Pencarian Cepat dengan menekan tombol Ctrl 2 kali, dan menyembunyikannya dengan menekan kembali tombol Ctrl 2 kali. Cukup ketik beberapa huruf atau kata pada kotak pencarian, maka hasil teratas akan segera muncul di layar. Anda juga dapat menggunakannya untuk mengaktifkan aplikasi tanpa harus menelusuri menu Start; misalnya, Anda dapat mengaktifkan Microsoft Word dengan mengetik "wor" pada Kotak Pencarian Cepat, lalu memilih "Microsoft Word" dalam daftar hasil yang ditampilkan. Atau, cukup ketik kata pencarian, kemudian tekan "Enter" untuk mencari di Web.






YAHOO! Juga punya keunggulan yang tidak dimiliki Google yaitu YAHOO! Messenger. YM! Tidak hanya dapat digunakan untuk sesama pemilik alamat e-mail dari YAHOO! Tapi hampir semua alamat e-mail dapat bergabung ke YM! Yang dapat dipakai berkomunikasi melalui chat, SMS, kamera, dan suara. YAHOO! Juga akan merilis layanan terpadu yang disebut dengan oneConnect. Maka, pemakai YAHOO! Dapat memperoleh informasi perkiraan cuaca di kotanya, tergabung ke layanan jejaring sosial seperti Flickr atau facebook, atau menunjukkan keberadaannya kepada teman-temannya di seluruh dunia. Bahkan sekarang di pegunungan Himalaya akan segera dipasang menara pemancar seluler, yang berarti para pendaki dapat memanfaatkan ponselnya untuk berkomunikasi, termasuk menunjukkan keberadaan dirinya. Dan keselamatan akan semakin terjamin.

Nah, menilik berbagai kemajuan dua perusahaan saja yaitu Google dan YAHOO!, komunikasi dan informasi semakin mudah tersedia, akurat, dengan biaya yang semakin mendekati nol. Kalau kita mau belajar dari mereka, mestinya masih banyak informasi yang bisa digali di tanah air, misalnya daftar sekolah, kampus, di masing-masing kota, tempat-tempat wisata, maupun berbagai catatan sejarah di masa lalu tanpa batasan waktu.

Sudah lihat tampilan baru Yahoo! versi hari ini? Ada tawaran untuk menggunakan tampilan Yahoo! terbaru, coba deh tengok, apa yang sekiranya menarik disana?


Sekilas, bagian samping kiri mengingatkan kita pada Dasbor di Wordpress, semua fitur seperti ditarik di bagian ini. Ini hanya semacam shortcut untuk menyebut beberapa fitur yang diaplikasikan oleh Yahoo!. Dan untuk melihat isi dari masing-masing fitur, cukup dengan mendekatkan tetikus, seketika pula muncul jendela bantu untuk melihat lebih dalam.

Uniknya, tak semua fitur adalah keluarga dari Yahoo!, seperti Messenger, Flickr, Mybloglog maupun Yahoo! Mail. Namun ada sisipan dari penyedia pihak ketiga yang kini menjadi santapan setiap hari para netter di Indonesia, Facebook!

Menarik untuk melihat bagian ini, terutama bila dibanding dengan tampilan yang kita dapat saat mengaksesnya langsung di Facebook. Bila diamati, edittag menemukan perbedaan yang kentara, yakni dimunculkannya beberapa status teman-teman yang berada dalam wilayah Teman, tanpa bisa menyortirnya. Bila di facebook, kita bisa memilih-milah teman mana saja yang bisa kita ikuti status terbarunya, maka untuk pemasangan di Yahoo! baru ini, semua menjadi begitu terbuka.

Kelebihan? mungkin saja, karena untuk beberapa alasan, memang kita bisa melihat status teman yang jarang kita dapatkan dalam akun facebook secara langsung. Lalu tampilan yang juga menarik dicermati adalah, diijinkannya beberapa tambahan dari fitur yang tersedia di Yahoo! baru.

Misalnya adalah penambahan layanan Blogger. Meski saat penambahan fitur manual ini edittag berharap bisa menemukan jendela mini untuk bisa langsung posting ke blogger, toh nyatanya hanya memunculkan beberapa feed dari informasi seputar Blogger. Hal yang mana sangat berlawan dengan saingan Yahoo!, siapa lagi bila bukan Google.

Google malah berencana mengadopsi fungsi email, chat dan BLOG dalam nama Google Wave. Meski memang layanan ini belum bisa langsung dinikmati saat ini, paling tidak mulai 30 September 2009, layanan tersebut akan ditawarkan kepada 100.000 pengguna awal.



Fitur utama Yahoo! Toolbar:
Menu : klik di sebelah kanan untuk melihat menu berbagai situs Yahoo! yang populer.
Kotak pencarian : ketik kata kunci untuk mencari dan menerima saran pencarian. Info lebih lanjut.
Aplikasi Saya: daftar buatan tombol sekali klik untuk menavigasi ke halaman web favorit. Bila Anda klik , daftar ini membuka dan menutup. Tombol Pengaturan selalu terlihat, dan menampilkan kontennya sebagai daftar pull-down, bukan dengan cara geser buka-tutup. Jika jumlah aplikasi Anda banyak dan tak dapat ditampilkan semuanya secara horizontal, akan ada tombol di samping kanan Aplikasi Saya. Klik tombol itu untuk melihat aplikasi Anda yang lain. Info lebih lanjut.
Tombol pengaturan : klik untuk sign in, menambah dan menata aplikasi, mengubah preferensi, mengakses bantuan, memberikan masukan kepada kami, atau me-refresh toolbar.




Baiklah ini adalah perbandingan bagus mana google dibanding yahoo?
Sekilas tentang 2 perusahaan ini :

1. Google
Google adalah sebuah mesin pencari yang terkenal di dunia. Siapa yang tidak tahu google? Google berdiri tahun 1998 (resminya). Google bermarkas di Amerika Serikat. Google tidak hanya mesin pencari, tapi punya produk lain seperti email (gmail), messenger (Gtalk), buku (google ebook), iklan (adsense dan adword), photo (picasa), situs pertemanan (orkut), peta (maps), dll. Pendapatan google sekitar 90% dari iklan. Yang 10% dari penjualan google earth, google apps, gmail (premium), dll.

2. Yahoo
Yahoo adalah perusahaan portal web yang terkenal. Dulu yahoo hanya perusahaan bookmark tapi sekarang sudah jadi lebih banyak. Yahoo juga memiliki search engine seperti google. Produk yahoo yang lain adalah mail (yahoo mail), foto (flickr), search, messenger (Y!M), games, 360′, answers, finance, dll.

Tadi adalah sekilas tentang kedua perusahaan. Sekarang perbandingan keduanya adalah :
1. Search engine : lebih baik google. Karena lebih cepat dan meta katanya lebih lengkap. Sehingga kalau kita salah ketik masih bisa ketemu.
2. Mail : lebih bagus yahoo. Karena kotak masuknya unlimited alias tidak terbatas sehingga berapapun email yang masuk tidak akan terhapus.
3. Messenger : lebih baik yahoo. Kalau di indonesia mungkin jika 100 orang menggunakan messenger maka 85 orang menggunakan yahoo.
4. Popularitas : lebih bagus google. Fiturnya lengkap dan paling populer adalah google search.
5. Kualitas : lebih bagus google. Karena halamannya simple dan bandwithnya kecil. Mungkin google search perlu waktu 1 detik mencari kalau yahoo 1,5 detik.
6. Fitur : lebih banyak yahoo! Di yahoo yang disenangi adalah yahoo answers yang tidak dimiliki google. Ada juga yahoo avatar dan masih banyak lagi.

Umum : secara umum menurut saya lebih bagus google. Karena lebih cepat dan tidak terlalu banyak iklan. Kalau yahoo banyak iklan yang ada gambarnya. Di yahoo mail juga ada berita yang menurutku tidak perlu.


Kritik dan Saran untuk Google dan Yahoo

Weakness (Kelemahan)
- Kecepatan index dan kecepatan berkembangnya web yang tak sebanding. Saat ini berbagai website banyak bermunculan, jika kecepatan index search engine tidak ditingkatkan maka tak mungkin search engine bisa mengindex semuanya.
- Kadangkala search engine tidak menampilkan hasil yang diinginkan. Search engine selalu berusaha menampillkan hasil yang relevan. Tetapi kadang kala tetap memperlihatkan hasil yang tidak relevan.
- Munculnya orang-orang yang melakukan link-spamming. Yaitu melakukan spamming link untuk meningkatkan posisi mereka di search engine.
- Tidak bisa mengindeks halaman tertentu. Beberapa website yang memakai konten dinamis tidak bisa diindex. Biasanya website seperti ini dihalangi oleh form yang mengharuskan inputan.



Filosofi Google

Diposting oleh : adminkom
Kategori: Internet - Dibaca: 223 kali

Mau tahu asal usul nama Google? Nama Google menggunakan dua huruf "o". Uniknya jika data hasil pencarian ditemukan, maka jumlah huruf "o" akan muncul semakin banyak, sebanyak web yang didapat oleh mesin pencari. Nama "Google" sendiri berasal dari plesetan kata "googol" yang dipakai oleh Milton Sirotta, keponakan ahli matematika Edward Kasner (USA) untuk menyebutkan angka 1 dan mempunyai 100 angka nol di belakangnya. Perusahaan Google memakai kata ini untuk menjelaskan misi perusahaan dalam mengorganisasi sekian banyak informasi yang tersedia di internet dan dunia.

"Googol" merupakan kata yang menunjukkan sebuah bilangan yang sangat besar jumlahnya. Bilangan yang melebihi bilangan miliar atau triliun. Dan di alam semesta ini tak ada benda yang berjumlah hingga googol-an. Tidak itu bintang, tidak itu partikel debu, dan tidak pula atom. Oleh karena itu penggunaan kata "google" merupakan refleksi dari kata "googol". Dengan kata tersebut Google berusaha merefleksikan dirinya sebagai perusahaan yang memiliki misi mengelola sesuatu yang sangat luas dan tidak terbatas. Dan itu hanya terdapat pada dunia cyber, tempat informasi melimpah tanpa batas. Google adalah raja mesin pencari. Ia kini melayani ratusan juta pencarian dalam sehari. Tak heran bila kini kata "Google" menjadi kata kerja di banyak bahasa di dunia.

Google adalah fenomena luar biasa dalam dunia bisnis internet. Meskipun servis yang diberikannya sebagai mesin pencarinya disediakan secara cuma-cuma, penghasilan Google dari iklan sangat mencengangkan. Di usianya yang baru 8 tahun perusahaan ini mempunyai dana tunai sebanyak 8 miliar dolar, dan kapitalisasi pasarnya mencapai lebih dari 100 miliar dolar. Boleh dikatakan Google lebih kaya dari kebanyakan negara-negara kecil.

DESAIN PADA GOOGLE
Design logo Google ini merupakan pernyataan bahwa Google senang membuat segala sesuatunya sederhana dan mudah. Setiap orang hampir sudah pasti mengenal logo Google yang sederhana, minimalis, dinamis dan modern. Tetapi sangat sedikit yang mengenal siapa yang mendesign logo tersebut dan bagaimana proses kreatif yang terjadi dibalik design logo search engine nomor satu dijagad internet.
Kebanyakan orang menyangka bahwa para pendiri Google sendirilah yang mendesign logo perusahaannya, dugaan mendesign logo sendiri ini sudah barang tentu salah. Sergei Brin adalah seorang ahli matematika yang sejak awal tertarik pada data mining sedangkan Larry Page adalah rekan sesama mahasiswa S3 yang ahli komputer. Pada awal pertemuan mereka selalu terlibat dalam permusuhan sengit (menurut rekan-rekan mereka) dalam perumusan data mining melalui hubungan link antar halaman web, mereka berdua selalu melihat ketidaksempurnaan dalam perumusan yang dibuat oleh rekan mereka, sampai suatu ketika mereka berdua memutuskan memindahkan penelitian kesebuah garasi pinjaman dari seorang saudara Sergei Brin dan akhirnya menjadi search engine nomor satu.

Logo google ini dibuat pada saat-saat akhir sebelum peluncuran oleh sahabat mereka, asisten profesor seni pada Standford University, Ruth Kedar. Sang desainer logo Google, Ruth lahir di Brazil tapi kemudian pindah ke Israel untuk mendapatkan gelar arsitekturnya. Dia melanjutkan pendidikannya di Stanford University dan mendapatkan gelar Master di bidang desain, dan menjadi konsultan seni desain di Stanford selama 15 tahun. Hasil-hasil karyanya dapat di lihat di art.net
habat mereka untuk urusan bisnis.
Proses design logo ini dimulai dengan sebuah visi yang sederhana dari para pendirinya yaitu bahwa mereka ingin membuat sebuah logo yang menyenangkan tanpa adanya sebuah item, barang, benda apapun yang dapat dikenali atau diidentifikasi yang pada akhirnya akan membatasi Google itu sendiri. Pada awalnya mereka juga tidak memiliki visi mengenai kemana perusahaan mereka akan dibawa bahkan mereka memasukkan tagline “Google does not do horoscopes, financial advice or chat”, yang pada akhirnya tidak pernah muncul sama sekali.

Proses Logo Google

Ruth Kedar, desainer grafis yang mengembangkan logo yang kini sangat terkenal, menunjukkan bagaimana proses kreasi logo dan memperlihatkan jenis huruf yang mendefinisikan merek Google. Kedar bertemu pendiri Google Sergey Brin dan Larry Page melalui teman sembilan tahun yang lalu di Stanford University, di mana dia adalah seorang asisten profesor. Page dan Brin, yang sedang mengalami kesulitan dalam membuat logo untuk mesin pencari yang akan segera mereka luncurkan. "Aku tidak tahu pada waktu itu bahwa Google akan menjadi sangat terkenal seperti hari ini, atau bahwa kesuksesan mereka akan menjadi besar seperti itu," kata Kedar.

Pada versi pertama ini, Kedar ingin menjaga mayoritas teks tidak terlalu banyak disentuh sehingga masih utuh, hanya menambahkan beberapa sentuhan dengan membawa warna-warna primer dan dua-dimensi ke kedua huruf O. Menurut Kedar, "Brin dan Page menyukai ini karena terlihat agak mirip jebakan jari Cina."


GOOGLE NO. 2
TYPEFACE: CATULL
Alih-alih bermain-main pada desain dua huruf O, Kedar menciptakan sesuatu yang lebih besar dalam hal ruang dan pola, Kedar hanya mengubah satu huruf O untuk membuatnya multidimensi.

GOOGLE NO. 3
TYPEFACE: ITC LEAWOOD
"Saya melihat logo ini dan berpikir, 'Google telah pergi ke Olimpiade,'" kata Kedar sambil tertawa. Cincin yang saling terkait adalah metafora untuk pencarian luas yang melibatkan berbagai budaya dan negara yang berbeda.


GOOGLE NO. 4
TYPEFACE: CATULL
Pada tahap design ini semua huruf dibuat huruf besar untuk memberikan kesan kokoh dan profesional dengan mengubah besar huruf dan warna. Kesalahan terbesar dari design logo ini adalah logo terlihat terlalu sibuk dan ramai.


GOOGLE NO. 5
TYPEFACE: CATULL
Ini adalah hasil design lanjutan dari desain sebelumnya, Kedar menghilangkan garis salib dan kemampuan untuk melihat melalui kaca pembesar. Dia menambahkan mulut tersenyum, untuk mewakili rasa "bahagia" ketika menemukan hasil dan pengalaman pencarian yang positif. 


GOOGLE NO. 6
TYPEFACE: ITC LEAWOOD
Rancangan ini dekat dengan konsep asli Brin, tetapi dengan menggunakan font Leawood, dan memiliki bayangan. 


GOOGLE NO. 7
TYPEFACE: CATULL
"Di sinilah kita mulai menyederhanakan," Kedar menjelaskan. Dengan bermain dengan sudut dan warna dari huruf-huruf, dia mencoba untuk menjelaskan bahwa Google bukanlah perusahaan yang terkotak-kotak.


FINAL DESIGN
TYPEFACE: CATULL
Pada akhirnya design logo ini yang dipilih karena berhasil menyatakan banyak hal, al:

* Sederhana dan menyenangkan. Design logo ini begitu lembut dan sederhana sehingga tampak bahwa logo ini tidak didesign sama sekali dan membacanyapun hampir tidak perlu bersusah payah. Warna yang kanak-kanak menandakan kemudahan dan keberuntungan disetiap pencarian search eninge.
* Typography, jenis font yang dipakai adalah Catull, karena font ini menyatukan elemen tradisional dengan serif tetapi juga memiliki elemen modern dalam lengkungannya. Hal ini sesuai dengan prinsip pencarian oleh search engine dimana untuk mencari diperlukan kemampuan untuk melihat pada masa lalu.

"Ada banyak warna yang berbeda iterasi," kata Kedar. "Kami berakhir dengan warna utama, kami menaruh warna sekunder pada L, yang membawa kembali gagasan bahwa Google tidak mengikuti aturan."


DAFTAR PUSTAKA 
http://menulissenja.blogspot.com/2010/01/sejarah-logo-google.html

No comments:

Post a Comment