Thursday, April 1, 2010

ANALISA JEJARING SOSIAL



FACEBOOK
Memahami Fitur Lain Yang Disediakan Facebook

Facebook sebuah situs social networking? Tentu saja. Awalnya, facebook adalah situs social networking yang menghubungkan anda dengan teman anda. Membuat anda dapat saling berkirim pesan hingga mengetahui aktifitas terakhir teman anda. Namun sekarang, dengan segala fitur yang dimilikinya, Facebook bukan sekedar situs social networking. Facebook adalah “apa yang dapat anda lakukan dengan orang lain”. Lebih dari sekedar “networking” kami rasa.

Dan sehubungan dengan “luas”nya fungsi facebook tadi, bukankah hal itu membuat facebook juga dapat digunakan untuk mensupport kegiatan blogging anda?


Yep, Sekarang mari kita jelajahi fitur – fitur yang ada di Facebook.
Facebook Application

Facebook Application, baik yang dibuat oleh Facebook atau pengembang dari pihak ketiga, adalah program tambahan yang dapat anda install di account facebook anda untuk menambah fungsi yang bisa dilakukan oleh facebook. Konsep awal dari situs social networking adalah “menghubungkan antar user, dan memungkinkan antar user saling mengirimkan pesan untuk komunikasi”. Sedangkan konsep dari facebook application adalah, membuat komunikasi dan interaksi di facebook bukan sekedar mengirimkan pesan saja. Contoh dari facebook application : Marketplace, Photos, Groups, Video, Mobile (yang dibuat oleh facebook), lalu ada juga Minekey, NetworkedBlogs, Battle of The Bands, dll.

NOTE : ternyata, wall juga termasuk ke dalam application. Bedanya, application dari facebook ini secara default terinstall di setiap account facebook mungkin y?

Anyway, apa aplikasi facebook favorit anda?

Karena luasnya bahasan ini, kami akan buat post terpisah mengenai ini
Facebook Pages


Facebook Pages

Facebook Pages dapat dianalogikan sebagai Facebook profile, hanya saja untuk segala sesuatu selain diri anda secara personal. Facebook Pages dapat digunakan untuk bisnis anda, seperti restoran, atau profil publik figur, band, politisi, dll. Misalkan anda mempunyai band, alih alih menciptakan satu Facebook Profile baru menggunakan alamat e-mail yang lain, seperti yang dilakukan banyak orang di friendster, anda, dengan account facebook yang sekarang dapat menciptakan satu facebook pages untuk band anda. Terbayang kan?

Facebook pages ini mirip dengan applikasi facebook groups, namun dengan beberapa perbedaan seperti facebook pages ditujukan hanya untuk penggunaan resmi. kembali ke contoh tadi, anda dapat membuat facebook pages suatu band hanya jika anda memang benar – benar manager atau player dari band tersebut. Facebook pages bukan digunakan untuk tujuan unofficial atau “fan work”. Facebook Pages ditujukan untuk penggunaan official
Facebook Share Bookmarklet


Share on Facebook

Share Bookmarklet adalah tools yang memungkinkan anda berbagi halaman web yang menarik kepada teman – teman di friendlist anda. Konsepnya mirip – mirip social bookmarking lah. Bedanya, halaman tersebut di share sebagai posted item dan muncul di news feed anda, dan dapat dilihat oleh teman teman anda di facebook.

Hmm.. tergerak untuk memasangnya di blog anda?
Facebook Connect


Facebook Connect

Yeah, fitur paling gress dari facebook dengan buzz yang lumayan kuat. Positioningnya “sepasar” dengan Google Friend Connect. Facebook Connect merupakan tools bagi pemilik website untuk membangun komunitas dari pengunjungnya yang memiliki account facebook. Misalkan anda memasang widget facebook connect di blog anda, lalu pengunjung blog anda juga memiliki account facebook. Mereka dapat bergabung menjadi “fan” dan terlisted di blog anda tanpa harus sign up dan mengisi profile lagi, cukup mengimpor data mereka dari facebook. Nilai tambahnya, identitas dari “member” blog anda terjamin keabsahannya.



Status update, yang memungkinkan kita mengetahui keadaan teman-teman kita tanpa harus bertemu/berkomunikasi langsung dengannya. Dengan Facebook, kita dapat mengetahui kondisi dari banyak teman-teman kita dalam waktu yang sama, kapan saja. Kita juga akan lebih tahu berita-berita terkini yang sedang ramai dibicarakan oleh teman-teman kita.
Photo tagging, yang membuat kita dapat mengetahui nama-nama dari orang-orang yang ada di sebuah foto. Selain itu, foto-foto yang memuat diri kita pun dikumpulkan jadi satu, sehingga mudah dicari.
Real screen name. Saat pendaftaran, Facebook mewajibkan nama minimal terdiri dari dua kata, dan harus merupakan nama asli. Berbeda dengan Friendster yang penggunanya banyak menggunakan nama-nama yang lucu atau nama-nama samaran, di Facebook sebagian besar penggunanya (setidaknya teman-teman saya) menggunakan nama aslinya sebagai screen name mereka. Ini memudahkan kita dalam mencari teman kita.
Neat design. Menurut saya, design Facebook tergolong sangat rapi. Penggunanya tidak diberikan hak yang berlebihan untuk mengganti design profile-page-nya (seperti mengganti background picture, font tulisan, dan sebagainya yang bisa membuat tulisan menjadi sulit terbaca, dan lain-lain).
Ajax Technology, yang memungkinkan bagian tertentu dari sebuah halaman dapat di-update tanpa harus me-refresh /membuka kembali halaman itu.
Games. Ada banyak games yang terintegrasi dengan Facebook. Sebagian besar games tersebut memungkinkan kita dapat berinteraksi dengan teman-teman kita di Facebook di dalam games tersebut. Banyaknya games juga didukung oleh diperbolehkannya setiap orang untuk membuat aplikasi Facebook sendiri.
Birthday List, yang membantu mengingatkan kita teman-teman kita yang berulang tahun.
Privacy Control, yang memungkinkan kita untuk mengatur content-content apa saja yang dapat diakses secara publik, atau hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya.
“Like” Feature, sebuah fitur yang sangat bagus menurut saya, untuk mengapresiasi teman-teman kita. Sebaliknya, kita tentunya senang bukan bila ada teman-teman kita yang suka dengan status kita?

Facebook Kelebihan
Aplikasi mashup; menemukan orang-orang, membuat sambungan, email, instant messaging, gambar / video sharing, dll
Kebanyakan orang dapat dengan cepat memahami nilai berhubungan dengan teman, keluarga dan mendirikan kontak; beberapa orang melaporkan mereka menggunakan Facebook bukannya email dan IM
Lebih menekankan pada hubungan yang mendalam dengan orang lain vs yang paling banyak koneksi
"True Friends" fitur akan meningkatkan transparansi untuk koneksi yang dipilih; hampir seperti memiliki profil publik dan swasta
Besar, cepat berkembang basis pengguna diinstal
Mewarisi kekakuan, aplikasi pihak ketiga, "memberi hadiah" dan pengumpulan data pribadi membuat Facebook platform periklanan yang kuat
Facebook Cons
Lebih sulit untuk bernavigasi dan memperbarui
Memerlukan investasi waktu untuk menyadari manfaat yang berkelanjutan
Memilih model memerlukan user untuk memungkinkan orang lain untuk menghubungkan
Kurang segera tanggapan; kecuali Anda tetap masuk pada terus-menerus
Overhead mashup dan "tebal" aplikasi dapat membatasi skalabilitas, struktur biaya mengasapi
Masa Depan Jaringan Sosial





TWITTER
Tampilan Baru Halaman Depan Twitter

29 Juli 2009

Halaman depan dari microblogging Twitter mengalami perubahan. Sebelumnya menampilkan kotak untuk login, sedangkan sekarang lebih ditekankan pada pencarian twit. Terdapat kotak untuk mencari/search serta dibawahnya menampilkan topik yang sedang hangat. Desain baru ini didominasi dengan warna biru

Selain itu deskripsi mengenai Twitter juga berubah. Sebelumnya: Twitter is a service for friends, family, and co-workers to communicate and stay connected through the exchange of quick, frequent answers to one simple question: What are you doing?

Dan sekarang: Share and discover what’s happening right now, anywhere in the world.

Halaman depan ini bagi pengguna baru mungkin agak membingungkan karena tidak menampilkan petunjuk mengenai Twitter atau cara penggunaanya. Dari segi fitur masih sama dan belum ada penambahan fitur baru. Bagi yang ingin melihat tampilan baru ini bisa masuk ke http://twitter.com. Silakan logout dulu untuk bisa melihat halaman depan ini.

Beberapa waktu lalu Twitter mengeluarkan sebuah situs panduan mengenai penggunaan Twitter untuk bisnis. Bukan dalam artian bisnis mencari uang, akan tetapi mendekatkan perusahaan dengan konsumen. Panduan ini bisa dibaca di dibaca atau download di http://twitter.com/twitter101.

Twitter adalah sebuah layanan microblogging (blog kecil). Setiap update maksimal sepanjang 140 karakter. Mirip dengan status update di Facebook atau seruan di Friendster. Status di Twitter dapat pula dikomentari namun cara mengomentarinya memang tidak semudah di Plurk atau Facebook. Jika ingin mendaftar Twitter bisa melalui https://twitter.com/signup.

LONDON - Twitter, situs yang menjadi fenomena internet yang khas dengan pesan terbatas 140 karakter, menyegarkan pandangan para penggunanya dengan tampilan home page anyar.

Home page Twitter menghadirkan tampilan sign-up sederhana dan terdapat pula fasilitas mesin pencarian daftar 23 topik paling populer per menit, hari, dan pekan.

Pengamat internet mengatakan, perubahan ini merupakan pengenalan bahwa Twitter tidak lagi sekadar situs untuk mengetahui update kabar terbaru teman, namun telah menjelma menjadi sebuah situs yang menjadi tempat pemberitaan peristiwa global.

Pendapat ini mungkin ada benarnya. Pasalnya, penggambaran pembaruan Twitter juga ditunjukkan dari adanya perubahan deskripsi kalimat pada home page Twitter.

Pada halaman Twitter lama deskripsi kalimat berbunyi: "Twitter is a service for friends, family, and co-workers to communicate and stay connected through the exchange of quick, frequent answers to one simple question: What are you doing?".

Namun sekarang deskripsi kalimat itu telah diubah menjadi: "Share and discover what?s happening right now, anywhere in the world". Kalimat tersebut mencerminkan perluasan fungsi Twitter tak hanya sebagai situs pertemanan tetapi juga situs informasi peristiwa terkini.

Sejak meluncur pada 2006, Twitter telah menjadi salah satu situs populer di dunia dengan 55 juta pengunjung setiap bulannya.

Penggunaan Twitter kian meluas tak hanya dikalangan pengguna internet biasa tetapi juga merambah di kalangan selebritis, politisi, bahakan lembaga-lembaga kenegaraan dan sosial. (srn)



Twitter Kelebihan
Mudah dinavigasi dan memperbarui, link ke dan mempromosikan apa
Menjangkau jauh di luar lingkaran teman
Satu feed renang semua pengguna; siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
Alat komunikasi murni, cepat tanggap
Anda tidak harus log in untuk mendapatkan update; Anda bisa menggunakan aplikasi pembaca RSS
Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
Pesan teks SMS potensi pendapatan dari jaringan nirkabel (walaupun negara berkicau saat ini mereka tidak memperoleh dipotong)
Potensi periklanan di masa mendatang dan / atau perusahaan berbasis langganan arus pendapatan
Dengan "tipis" overhead, berkicau mungkin lebih terukur dari Facebook, memberikan keuntungan biaya
Twitter Cons
Kemampuan terbatas; menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
Dibatasi sampai 140 karakter per update
Tidak semua orang menemukannya segera bermanfaat
Over-penekanan pada penghitungan pengikut
Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal
Belum ada strategi monetisasi mudah jelas

No comments:

Post a Comment

Thursday, April 1, 2010

ANALISA JEJARING SOSIAL



FACEBOOK
Memahami Fitur Lain Yang Disediakan Facebook

Facebook sebuah situs social networking? Tentu saja. Awalnya, facebook adalah situs social networking yang menghubungkan anda dengan teman anda. Membuat anda dapat saling berkirim pesan hingga mengetahui aktifitas terakhir teman anda. Namun sekarang, dengan segala fitur yang dimilikinya, Facebook bukan sekedar situs social networking. Facebook adalah “apa yang dapat anda lakukan dengan orang lain”. Lebih dari sekedar “networking” kami rasa.

Dan sehubungan dengan “luas”nya fungsi facebook tadi, bukankah hal itu membuat facebook juga dapat digunakan untuk mensupport kegiatan blogging anda?


Yep, Sekarang mari kita jelajahi fitur – fitur yang ada di Facebook.
Facebook Application

Facebook Application, baik yang dibuat oleh Facebook atau pengembang dari pihak ketiga, adalah program tambahan yang dapat anda install di account facebook anda untuk menambah fungsi yang bisa dilakukan oleh facebook. Konsep awal dari situs social networking adalah “menghubungkan antar user, dan memungkinkan antar user saling mengirimkan pesan untuk komunikasi”. Sedangkan konsep dari facebook application adalah, membuat komunikasi dan interaksi di facebook bukan sekedar mengirimkan pesan saja. Contoh dari facebook application : Marketplace, Photos, Groups, Video, Mobile (yang dibuat oleh facebook), lalu ada juga Minekey, NetworkedBlogs, Battle of The Bands, dll.

NOTE : ternyata, wall juga termasuk ke dalam application. Bedanya, application dari facebook ini secara default terinstall di setiap account facebook mungkin y?

Anyway, apa aplikasi facebook favorit anda?

Karena luasnya bahasan ini, kami akan buat post terpisah mengenai ini
Facebook Pages


Facebook Pages

Facebook Pages dapat dianalogikan sebagai Facebook profile, hanya saja untuk segala sesuatu selain diri anda secara personal. Facebook Pages dapat digunakan untuk bisnis anda, seperti restoran, atau profil publik figur, band, politisi, dll. Misalkan anda mempunyai band, alih alih menciptakan satu Facebook Profile baru menggunakan alamat e-mail yang lain, seperti yang dilakukan banyak orang di friendster, anda, dengan account facebook yang sekarang dapat menciptakan satu facebook pages untuk band anda. Terbayang kan?

Facebook pages ini mirip dengan applikasi facebook groups, namun dengan beberapa perbedaan seperti facebook pages ditujukan hanya untuk penggunaan resmi. kembali ke contoh tadi, anda dapat membuat facebook pages suatu band hanya jika anda memang benar – benar manager atau player dari band tersebut. Facebook pages bukan digunakan untuk tujuan unofficial atau “fan work”. Facebook Pages ditujukan untuk penggunaan official
Facebook Share Bookmarklet


Share on Facebook

Share Bookmarklet adalah tools yang memungkinkan anda berbagi halaman web yang menarik kepada teman – teman di friendlist anda. Konsepnya mirip – mirip social bookmarking lah. Bedanya, halaman tersebut di share sebagai posted item dan muncul di news feed anda, dan dapat dilihat oleh teman teman anda di facebook.

Hmm.. tergerak untuk memasangnya di blog anda?
Facebook Connect


Facebook Connect

Yeah, fitur paling gress dari facebook dengan buzz yang lumayan kuat. Positioningnya “sepasar” dengan Google Friend Connect. Facebook Connect merupakan tools bagi pemilik website untuk membangun komunitas dari pengunjungnya yang memiliki account facebook. Misalkan anda memasang widget facebook connect di blog anda, lalu pengunjung blog anda juga memiliki account facebook. Mereka dapat bergabung menjadi “fan” dan terlisted di blog anda tanpa harus sign up dan mengisi profile lagi, cukup mengimpor data mereka dari facebook. Nilai tambahnya, identitas dari “member” blog anda terjamin keabsahannya.



Status update, yang memungkinkan kita mengetahui keadaan teman-teman kita tanpa harus bertemu/berkomunikasi langsung dengannya. Dengan Facebook, kita dapat mengetahui kondisi dari banyak teman-teman kita dalam waktu yang sama, kapan saja. Kita juga akan lebih tahu berita-berita terkini yang sedang ramai dibicarakan oleh teman-teman kita.
Photo tagging, yang membuat kita dapat mengetahui nama-nama dari orang-orang yang ada di sebuah foto. Selain itu, foto-foto yang memuat diri kita pun dikumpulkan jadi satu, sehingga mudah dicari.
Real screen name. Saat pendaftaran, Facebook mewajibkan nama minimal terdiri dari dua kata, dan harus merupakan nama asli. Berbeda dengan Friendster yang penggunanya banyak menggunakan nama-nama yang lucu atau nama-nama samaran, di Facebook sebagian besar penggunanya (setidaknya teman-teman saya) menggunakan nama aslinya sebagai screen name mereka. Ini memudahkan kita dalam mencari teman kita.
Neat design. Menurut saya, design Facebook tergolong sangat rapi. Penggunanya tidak diberikan hak yang berlebihan untuk mengganti design profile-page-nya (seperti mengganti background picture, font tulisan, dan sebagainya yang bisa membuat tulisan menjadi sulit terbaca, dan lain-lain).
Ajax Technology, yang memungkinkan bagian tertentu dari sebuah halaman dapat di-update tanpa harus me-refresh /membuka kembali halaman itu.
Games. Ada banyak games yang terintegrasi dengan Facebook. Sebagian besar games tersebut memungkinkan kita dapat berinteraksi dengan teman-teman kita di Facebook di dalam games tersebut. Banyaknya games juga didukung oleh diperbolehkannya setiap orang untuk membuat aplikasi Facebook sendiri.
Birthday List, yang membantu mengingatkan kita teman-teman kita yang berulang tahun.
Privacy Control, yang memungkinkan kita untuk mengatur content-content apa saja yang dapat diakses secara publik, atau hanya orang-orang tertentu saja yang dapat mengaksesnya.
“Like” Feature, sebuah fitur yang sangat bagus menurut saya, untuk mengapresiasi teman-teman kita. Sebaliknya, kita tentunya senang bukan bila ada teman-teman kita yang suka dengan status kita?

Facebook Kelebihan
Aplikasi mashup; menemukan orang-orang, membuat sambungan, email, instant messaging, gambar / video sharing, dll
Kebanyakan orang dapat dengan cepat memahami nilai berhubungan dengan teman, keluarga dan mendirikan kontak; beberapa orang melaporkan mereka menggunakan Facebook bukannya email dan IM
Lebih menekankan pada hubungan yang mendalam dengan orang lain vs yang paling banyak koneksi
"True Friends" fitur akan meningkatkan transparansi untuk koneksi yang dipilih; hampir seperti memiliki profil publik dan swasta
Besar, cepat berkembang basis pengguna diinstal
Mewarisi kekakuan, aplikasi pihak ketiga, "memberi hadiah" dan pengumpulan data pribadi membuat Facebook platform periklanan yang kuat
Facebook Cons
Lebih sulit untuk bernavigasi dan memperbarui
Memerlukan investasi waktu untuk menyadari manfaat yang berkelanjutan
Memilih model memerlukan user untuk memungkinkan orang lain untuk menghubungkan
Kurang segera tanggapan; kecuali Anda tetap masuk pada terus-menerus
Overhead mashup dan "tebal" aplikasi dapat membatasi skalabilitas, struktur biaya mengasapi
Masa Depan Jaringan Sosial





TWITTER
Tampilan Baru Halaman Depan Twitter

29 Juli 2009

Halaman depan dari microblogging Twitter mengalami perubahan. Sebelumnya menampilkan kotak untuk login, sedangkan sekarang lebih ditekankan pada pencarian twit. Terdapat kotak untuk mencari/search serta dibawahnya menampilkan topik yang sedang hangat. Desain baru ini didominasi dengan warna biru

Selain itu deskripsi mengenai Twitter juga berubah. Sebelumnya: Twitter is a service for friends, family, and co-workers to communicate and stay connected through the exchange of quick, frequent answers to one simple question: What are you doing?

Dan sekarang: Share and discover what’s happening right now, anywhere in the world.

Halaman depan ini bagi pengguna baru mungkin agak membingungkan karena tidak menampilkan petunjuk mengenai Twitter atau cara penggunaanya. Dari segi fitur masih sama dan belum ada penambahan fitur baru. Bagi yang ingin melihat tampilan baru ini bisa masuk ke http://twitter.com. Silakan logout dulu untuk bisa melihat halaman depan ini.

Beberapa waktu lalu Twitter mengeluarkan sebuah situs panduan mengenai penggunaan Twitter untuk bisnis. Bukan dalam artian bisnis mencari uang, akan tetapi mendekatkan perusahaan dengan konsumen. Panduan ini bisa dibaca di dibaca atau download di http://twitter.com/twitter101.

Twitter adalah sebuah layanan microblogging (blog kecil). Setiap update maksimal sepanjang 140 karakter. Mirip dengan status update di Facebook atau seruan di Friendster. Status di Twitter dapat pula dikomentari namun cara mengomentarinya memang tidak semudah di Plurk atau Facebook. Jika ingin mendaftar Twitter bisa melalui https://twitter.com/signup.

LONDON - Twitter, situs yang menjadi fenomena internet yang khas dengan pesan terbatas 140 karakter, menyegarkan pandangan para penggunanya dengan tampilan home page anyar.

Home page Twitter menghadirkan tampilan sign-up sederhana dan terdapat pula fasilitas mesin pencarian daftar 23 topik paling populer per menit, hari, dan pekan.

Pengamat internet mengatakan, perubahan ini merupakan pengenalan bahwa Twitter tidak lagi sekadar situs untuk mengetahui update kabar terbaru teman, namun telah menjelma menjadi sebuah situs yang menjadi tempat pemberitaan peristiwa global.

Pendapat ini mungkin ada benarnya. Pasalnya, penggambaran pembaruan Twitter juga ditunjukkan dari adanya perubahan deskripsi kalimat pada home page Twitter.

Pada halaman Twitter lama deskripsi kalimat berbunyi: "Twitter is a service for friends, family, and co-workers to communicate and stay connected through the exchange of quick, frequent answers to one simple question: What are you doing?".

Namun sekarang deskripsi kalimat itu telah diubah menjadi: "Share and discover what?s happening right now, anywhere in the world". Kalimat tersebut mencerminkan perluasan fungsi Twitter tak hanya sebagai situs pertemanan tetapi juga situs informasi peristiwa terkini.

Sejak meluncur pada 2006, Twitter telah menjadi salah satu situs populer di dunia dengan 55 juta pengunjung setiap bulannya.

Penggunaan Twitter kian meluas tak hanya dikalangan pengguna internet biasa tetapi juga merambah di kalangan selebritis, politisi, bahakan lembaga-lembaga kenegaraan dan sosial. (srn)



Twitter Kelebihan
Mudah dinavigasi dan memperbarui, link ke dan mempromosikan apa
Menjangkau jauh di luar lingkaran teman
Satu feed renang semua pengguna; siapa pun dapat mengikuti orang lain kecuali diblokir
Alat komunikasi murni, cepat tanggap
Anda tidak harus log in untuk mendapatkan update; Anda bisa menggunakan aplikasi pembaca RSS
Sangat interaktif, extensible messaging platform dengan API terbuka
Banyak aplikasi lain yang sedang dikembangkan (Twitterific, Summize, Twhirl, dll)
Pesan teks SMS potensi pendapatan dari jaringan nirkabel (walaupun negara berkicau saat ini mereka tidak memperoleh dipotong)
Potensi periklanan di masa mendatang dan / atau perusahaan berbasis langganan arus pendapatan
Dengan "tipis" overhead, berkicau mungkin lebih terukur dari Facebook, memberikan keuntungan biaya
Twitter Cons
Kemampuan terbatas; menemukan orang-orang, mengirim pesan singkat, balasan langsung
Dibatasi sampai 140 karakter per update
Tidak semua orang menemukannya segera bermanfaat
Over-penekanan pada penghitungan pengikut
Mudah disalahgunakan untuk spam dan meningkatkan tingkat kebisingan
Relatif lebih kecil basis pengguna diinstal
Belum ada strategi monetisasi mudah jelas

No comments:

Post a Comment